Minggu, 02 Oktober 2011

PENGALAMAN PERTAMA MENGGUNAKAN INTERNET

PENGALAMAN PERTAMA MENGGUNAKAN INTERNET
Seingat saya, pengalaman saya mulai mengenal dan menggunakan internet adalah ketika saya duduk dikelas 1 SMP atau sekitar tahun 2003. Pengalaman saya ini dimulai sekitar 8 tahun lalu, ketika guru geografi saya memberikan tugas kelompok untuk mencari nama-nama suku yang ada di Indonesia. Karena diantara kami belum ada yang memiliki internet dirumah, kami memutuskan untuk mengerjakan tugas ini di warnet. Sepulang sekolah saya dengan ketiga teman saya, pergi ke warung internet atau lebih kita kenal sekarang dengan istilah warnet. Warnet yang letaknya tidak jauh dari sekolah yakni hanya berjarak sekitar 15 meter dari pintu gerbang sekolah memang baru dua harian ini di buka. Ketika masuk saya mulai agak bingung melihat kurang lebih ada 10 monitor yang tersusun dengan rapi diatas meja lengkap dengan keyboard dan mouse masing-masing. Dalam benak saya kemudian berkata, “oh.... ini yang namanya warnet”. Maklum sajalah ketika dulu saya masih berusia sekitar 12 tahun dan belum mengenal internet seperti kebanyakan anak-anak jaman sekarang. Saya dan teman saya duduk didepan sebuah monitor dan kedua teman saya duduk di depan monitor lainnya. Saya dan teman saya, ayu namanya saling bertatapan tidak tahu apa yang harus saya lakukan. Karena mungkin muka kami terlihat polos dan sedang bingun, datanglah seorang mas-mas yang menjaga warnet membantu kami menyalakan komputer dan menanyakan keperluan kami. Dengan perasaan malu-malu kami menjelaskan maksud dan tujuan kami datang kewarnet yakni mengerjakan tugas yang diberikan guru geografi untuk mencari nama-nama suku yang ada di Indonesia. Mas-mas penjaga warnet tersenyum dan terlihat mulai mengklik sesuatu dan menuliskan www.google.com disebuah kotak dan yang aku tahu sekarang itu merupakan sebuah alamat website. Kembali benakku bertanya, “apaan tuh google?”. Dan sekarang saya sudah tahu google itu merupakan mesin pencari data. Kami menunggu sejenak kemudian muncul sebuah huruf yang berwarna-warni bertulisan google.
Dan kembali mas-mas penjaga warnet menuliskan “nama-nama suku di Indonesia” di sebuah kotak yang letaknya di bawah tulisan google yang berwarna-warni itu tadi. Kemudian mas-mas itu menekan tombil “enter” di keyboard, dan kami kembali menunggu sejenak. Munculah hasil pencarian google. Kemudian mas-mas tadi mengklik slah satu hasil pencarian dan jreng...... keluarlah tugas yang kami cari dengan cepat lengkap, padat dan jelas. Mas itu kembali bertanya, “kaya gini bukan”? saya pun menjawab, “iya”. Entah apa yang dilakukannya tiba-tiba tugas kami sudah ada di komputernya dan sudah tercetak dikertas. Dan kami di minta membayar warnet dan membayar hasil print. Dengan cepat tugas kelompok sayapun sudah selesai. Itulah pengalaman pertama saya mengenal internet, yah.. walaupun belum secara langsung bisa mengggunakannya. Dengan berjalannya waktu saya yang tadinya sangat “gaptek” mulai diajari oleh kakak saya menggunakan internet, tetap warnetlah tempatnya. Hal yang pertama kali di ajarkan kakak saya adalah sebuah situs jejaring sosial “frienster”. Yang merupakan jejaring sosial untuk mencari teman yang sangat terkenal di Indonesia pada jaman itu. Pelan-pelan saya dibimbing untuk menggunakan internet, khusunya “friendster” dan mulai tertarik dengan itu. Hampir setiap dua hari sekali saya pergi kewarnet dekat rumah untuk berfriedster ria. Ketika itu tarif warnet masih sekitar 6000 perjam. Yah... lumayan menguras uang jajan juga. Sekarang warnet sudah berjamuran dimana-mana dan tarifnya pun sudah jauh lebih murah yaitu 2000 perjam. Itulah kisah saya ketika baru pertama kali masuk warnet, dan secara tidak langsung mulai mengenal internet. Kini perkembangan internet makin luas, apapun bisa dilakukan dengan internet misalnya transfer uang, berjualan (online shop), dan masih banyak lagi. Dan sekarangpun jejaring sosial sudah makin banyak macamnya, setelah friendster ada facebook, twiter, dll. Seriring perkembangan jaman tentunya internet akan semakin berkembang pesat serta memberi banyak manfaat bagi yang berlaku positif dalam menggunakannya.


ASRI MINANG AGUSTIN
18510862
2PA06

Tidak ada komentar:

Posting Komentar