Kamis, 06 Januari 2011

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Manusia dan Pandangan Hidup


Setiap manusia yang ada di muka bumi ini pasti memiliki pandangan hidupnya masing-masing. Namun, tahukah anda apa arti sebenarnya dari pandangan hidup tersebut? Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pedoman, pegangan, arahan, serta menjadi suatu petunjuk hidup manusia. Pendapat atau pertimbangan tersebut merupakan hasil pemikirin manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.
Ada 3 macam pengklasifikasian pandangan hidup:
1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
2. Pandangan hidup yang berasal dari ideologi yaitu pandangan hidup yang berasal dari norma dan kebudayaan yang berada dalam Negara tersebut.
3. Pandangan hidup dari renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.
Pandangan hidup juga memiliki unsur-unsur, yaitu:
• Cita-cita
Cita-cita merupakan apa yang diinginkan oleh manusia yang mungkin dicapai melalu suatu usaha. Apabila belum tercapai, disebut dengan angan-angan. Misalnya, anak pemulung sampah ingin menjadi dokter, tetapi dia tidak pernah sekolah, sehingga menjadi dokter merupakan suatu angan-angan.

• Kebajikan
Berhubungan dengan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan harus menuju ke suatu kebajikan, yaitu segala sesuatu yang membuat manusia menjadi damai, tentram, bahagia serta sejahtera.
Selain itu untuk melihat kebajikan tersebut, manusia harus melihat dari 3 segi, yaitu manusia terhadap dirinya sendiri, manusia dengan Tuhan-Nya serta manusia sebagai makhluk sosial.

• Usaha
Usaha adalah perjuangan agar cita-cita yang diinginkan tercapai. Ini harus mereka lakukan untuk melanjutkan kehidupan mereka. Tanpa usaha, manusia tidak dapat hidup sempurna. Selain itu, usaha merupakan suatu kodrat manusia yang harus dijalani.

• Keyakinan/kepercayaan
Keyakinan atau kepercayaan merupakan dasar hidup yang berasal dari akal atau kekuasaan manusia. Pandangan hidup ini yang menjadi dasar dari kepercayaan diri terhadap pandangan hidup.

Setelah mengetahui unsurnya, manusia juga harus mempunyai langkah-langkah agar mempunyai pandangan hidup yang baik. Pertama, mengenal. Manusia harus mengenal pandangan hidup mereka. Kedua, mengerti. Pandangan hidup tersebut dimengerti oleh manusianya sendiri. Ketiga, menghayati. Manusia memperoleh pandangan jelas terhadap pandangan hidup mereka. Keempat, meyakini. Setelah dihayati, pandangan hidup tersebut perlu diyakini agar mantap dihati mereka. Kelima, mengabdi. Dengan mengabdi, manusia akan mendapatkan manfaat dengan memiliki pandangan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar